Minggu, 04 Maret 2018

Materi Pengajaran Descriptive Text dan Lembaran Kerja Siswa

Tidak ada komentar :

DESCRIPTIVE TEXT

Descriptive text is is a text which says what a person or a thing is like. Its purpose is to describe and reveal a particular person, place, or thing."

 (Teks yang menjelaskan gambaran seseorang atau benda. Tujuannya adalah mengambarkan atau mengungkapkan orang, tempat atau benda tertentu).
Remember to follow the out lines below!

Social Function
To describe a particular person, place or thing.

Generic ( Schematic )Structure
 Identification : Identifies phenomenon to be described.
 Description    : Describes quality and characteristics.

Language Features
-            Focus on specific participants
-            Use of  Simple Present Tense

Berikut penjelasan dalam bahasa Indonesia serta contohnya


I. Pengertian Descriptive Text



  • Descriptive berarti deskripsi (gambaran). Jika kamu diminta untuk mendeskripsikan sebuah benda, itu artinya kamu harus menggambarkan benda yang dimaksud baik dari ukuran, warna dan lain-lain. 
  • Descriptive text adalah: satu kaedah upaya pengolahan data menjadi sesuatu yang dapat diutarakan secara jelas dan tepat dengan tujuan agar dapat dimengerti oleh orang yang tidak langsung mengalaminya sendiri.
  • Descriptive text adalah sebuah tulisan atau teks yang menggambarkan sifat-sifat yang melekat pada sesuatu, baik itu manusia, hewan, tumbuhan, atau pun benda mati seperti rumah, mobil computer, radio dan masih banyak lagi.


II. Tujuan Descriptive Text


Tujuan Descriptive Text adalah menggambarkan segala sesuatu baik itu manusia, hewan, tumbuhan atau benda mati dengan sifat yang melekat padanya seperti ukuran, jenis, warna, dan lain-lain, sehingga pembaca dapat mengetahui tentang seperti apa sesuatu itu dari gambaran yang kita sampaikan meskipun ia belum pernah melihatnya. Jadi seorang yang menerima informasi dari deskripsi itu dapat menggunakan imajinasi nya untuk menggambarkan tentang benda tersebut kedalam versi-nya masing-masing tetapi tetap dalam koridor informasi yang telah diberikan.


III. Generic Structure Descriptive TextDescriptive text mempunyai aturan dan etika tersendiri dalam penulisannya, termasuk dalam struktur atau susunan yang harus ditulis secara berurutan. Berikut adalah susunan di dalam membuat sebuah Descriptive Text:
1. Identification: 
Paragraf pertama – adalah untuk mengidentifikasi sesuatu yang ingin dideskripsikan atau digambarkan. 
Indentification berfungsi untuk memperkenalkan kepada pembaca tentang objek atau sesuatu yang akan kita gambarkan sebelum kita beritahu tentang sifat-sifatnya.
Saya akan menggambarkan mobil-mobilan/diecast baru yang saya beli kemarin , maka isi identification-nya adalah:
Aku kemarin membeli mobil-mobilan baru. Mobil-mobilan ini sebenarnya sudah lama aku idam-idamkan, tapi baru sekarang aku memilikinya. 
(Berarti yang akan digambarkan adalah mobilku, bukan mobil orang lain).
2. Description: 
paragraf kedua dan seterusnya – berisi tentang sifat-sifat yang melekat pada sesuatu yang sudah kamu perkenalkan sebelumnya kepada pembaca di paragraf pertama.
Misalnya (melanjutkan tentang mobil di atas)
Mobil-mobilan baru ku ini berskala 1/24 dan berwarna hitam. Mobil-mobilan ini merupakan mobil sport klasik keluaran tahun 1970 dari Ford. Mobil-mobilan ini disebut Mustang Boss American Muscle. Jumlah bangkunya hanya dua, satu untuk sopir dan satunya untuk penumpang, begitu juga dengan pintunya. 
(My new diecast is 1/24 in scale and it is black. My new diecast is classic sports car type, it was built in 1970 by Ford. It is called Mustang Boss an American Muscle. It has two of seats in front, one for me and the last for my girl, that is also for the doors. It only has double doors in front.)
(Berarti kalimat-kalimat di atas menggambarkan secara spesifik tentang sebuah objek)
Berikut ini adalah penggabungan antara Identification dan Description melalui contoh di atas:

My Mustang BOSS 429
I bought new diecast last day. I have been waiting so long for that diecast but finally, I get it as hard as my hard work. I fall in love with the first sight with that diecast. It always comes to dreams and I can not sleep well off course. My new diecast is 1/24 in scale and it is black. My new diecast is classic sports car type, it was built in 1970 by Ford. It is called Mustang Boss an American Muscle. It has two of seats in front, one for me and the last for my girl, that is also for the doors. It only has double doors in front.
Ciri-ciri ini penting untuk kamu perhatikan agar ketika menulis descriptive text tidak salah dan mengalami kesulitan. Jadi pastikan kamu menggunakan ciri-ciri berikut ini ketika akan menulis descriptive text:
1. Menggunakan Simple Present Tense. Kenapa menggunakan simple present tense? Hal ini karena kita akan menggambarkan sebuah fakta atau kebenaran yang melekat pada sesuatu atau orang. Karena fungsi dari Simple Present adalah untuk menggambarkan sebuah fakta atau kebenaran (contoh fakta: matahari itu panas). Oleh karena itu kamu harus selalu menggunakan kata kerja bentuk pertama (verb-1) dan (to be)bantu kata kerja yaitu: is/ am/ are (bisa dilihat dalam penjelasan no-3).

Misal kamu akan menggambarkan sifat-sifat mobil baru kamu:
  • It has double seats and doors. (verb-1)
  • The color of my car is black. (to be)
2. Menggunakan kata sifat (adjective) Karena fungsinya adalah untuk menggambarkan sesuatu dengan menjelaskan sifat-sifatnya, maka dalam descriptive text akan banyak dijumpai kata sifat (adjective), seperti: fast, handsome, beautiful, tall, small, big dan masih banyak lagi atau jika kata sifat tersebut berasal dari kata kerja, maka kamu akan mendapati tambahan -ve, -ing, di belakangnya.


Contoh:
  • Create (membuat/ verb-1) > creative (orang yang pintar membuat sesuatu).
  • Interest (menarik/verb-1) > interesting (sesuatu yang menarik)
3. Menggunakan bantu kata kerja (to be). Dalam descriptive text kita juga akan sering menjumpai “to be” (bantu kata kerja) yaitu is/ am/ are. Is/ am/ are dalam bahasa Indonesia sering diartikan dengan “adalah”. Karena tujuan atau fungsi descriptive text adalah untuk menggambarkan, maka pasti kita akan sering menemukan bantu kata kerja tersebut. It is black (warnanya adalah hitam), scale is 1/24 (sekalanya adalah 1/24).
Contoh 3

Borobudur Temple.
Borobudur is Hindu – Budhist temple. It was build in the ninth century under Sailendra dynasty of ancient Mataram kingdom. Borobudur is located in Magelang, Central Java, Indonesia.
Borobudur is well-known all over the world. Its construction is influenced by the Gupta architecture of India. The temple is constructed on a hill 46 m high and consists of eight step like stone terrace. The first five terrace are square and surrounded by walls adorned with Buddhist sculpture in bas-relief. The upper three are circular. Each of them is with a circle of bell shape-stupa. The entire edifice is crowned by a large stupa at the center at the center of the top circle. The way to the summit extends through some 4.8 km of passage and stairways. The design of Borobudur which symbolizes the structure of universe influences temples at Angkor, Cambodia.

Penjelasan:
1. Paragraf pertama 
Identification >>> menggambarkan sepintas tentang Candi Borobudur yang akan dideskripsikan sehingga pembaca tidak akan salah paham tentang candi yang sedang dibicarakan. Bahwa candi yang dimaksud adalah candi yang bernama Borobudur, yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah. Hal ini sangat penting karena Di Indonesia khususnya di Pulau Jawa banyak sekali candi yang ada di sana.

2. Paragraf kedua 
Description >>> berisi tentang penjelasan atau deskripsi Candi Borobudur dengan memaparkan sifat-sifatnya secara spesifik seperti:
– berada di bukit dengan ketinggian 46 meter dan terdiri dari 8 tingkat seperti teras.
– 5 tingkat pertama berbentuk kotak (square) dan dikelilingin tembok.
– 3 tingkat paling atas berbentuk bulat (circular).

Contoh 4

MacQuarie University
Identification
Macquarie University is one of the largest universities in Australia. This year, in 2004, it celebrates its 40th anniversary.
(Macquarie University adalah salah satu universitas terbesar di Australia. Tahun ini, pada tahun 2004, merayakan ulang tahun ke-40 nya.)

Description
The university is located at the North Ryde Greenbelt, Sydney, where the New South Wales government sets aside 135 hectares for the institution. In 1964, Macquarie area was a rural retreat on the city fringe, but today the campus and its surroundings have evolved beyond recognition. The North Ryde District has grown into a district of intensive occupation anchored by a vibrant and growing university.
(Universitas ini terletak di North Ryde Greenbelt, Sydney, di mana pemerintah New South Wales menyisihkan 135 hektar bagi lembaga univeristas tersebut. Pada tahun 1964, daerah Macquarie merupakan retret pedesaan di pinggiran kota, tapi hari ini kampus dan sekitarnya telah berkembang di luar harapan. Distrik North Ryde telah tumbuh menjadi sebuah distrik kependudukan yang intensif yang tumbuh dari perkembangan dan dinamisme universitas.)

Blessed with a fortunate location and room to breathe, Macquarie can be proud of that careful planning that retains and enrich the university’s most attractive natural features. A pleasing balance between buildings and plating is evident across the campus. This emphasis on the importance of landscape has created images of Macquarie as a place that members of the university are most likely to pleasurably recollect.

(Diberkahi dengan lokasi yang menguntungkan dan adanya ruang terbuka untuk bernapas, Macquarie bisa bangga dengan perencanaan yang matang tersebut yang dipertahankan dan memperkaya ciri khas alami yang paling menarik dari universitas tersebut. Keseimbangan yang menyenangkan antara bangunan dan hiasan jelas di kampus. Penekanan pada pentingnya lanskap telah menciptakan gambar Macquarie sebagai tempat bahwa anggota universitas akan sangat mungkin mendapatkan kesenangan)

One of the highlights of the landscape is the Mars Creek zone. It comprises landscaped creek sides and valley floor, a grass amphitheatre, and artificial lake surrounded by rocks and pebbles, native plants and eucalypts.
(Salah satu yang menarik dari lanskap adalah Mars Creek zona. Ini terdiri dari sisi taman sungai dan dasar lembah, sebuah amphitheater rumput, dan danau buatan yang dikelilingi oleh batu dan kerikil, tanaman asli dan pohon eukaliptus.)
Today, a railway station is under construction. In three years1 time, Macquarie will be the only university in Australia with a railway station on site. Macquarie is poised to be the most readily accessible in Sydney region by rail and motorway, yet retaining its beautiful site.

(Hari ini, sebuah stasiun kereta api sedang dibangun. Dalam waktu tiga tahun, Macquarie akan menjadi satu-satunya universitas di Australia dengan stasiun kereta api di sekitar lokasinya. Macquarie siap untuk menjadi univeristas yang paling mudah diakses di wilayah Sydney oleh kereta api dan jalan tol, namun tetap mempertahankan lokasi yang indah.)

II.                  Students’ work sheets

Task 1.
(KNOWLEDGE)
Indicator:3.4.
§  Classifying the part of identification and description.
§  Describing the language features of the text

Exercises
Direction:
1. Read the text below seriously and then rewrite the part of identification and description
     properly! The number written can help you to identify them.
2. Rewrite simple present tense forms at least 10 sentences. Five sentences are in verbal forms
     while five sentences are in nominal form if you get them in the text.
3. Give description about its characteristics as much as possible you know   based on the text
     properly!

The Eiffel Tower
1. The Eiffel Tower is an iron lattice tower located on the Champ de Mars in Paris. Built in 1889,     it has become both a global icon of France and one of the most recognizable structures in the        world. The tower is the tallest building in Paris and the most-visited paid monument in the            world; millions of people ascend it every year. Named after its designer, engineer Gustave               Eiffel,  the tower was built as the entrance arch to the 1889 World’s Fair.
2. The tower stands 324 meters (1,063 ft) tall, about the same height as an 81-story building. Upon its completion, it surpassed the Washington Monument to assume the title of tallest man-made structure in the world, a title it held for 41 years, until the Chrysler Building in New York City was built in 1930; however, due to the addition in 1957 of the antenna, the tower is taller than the Chrysler Building. Not including broadcast antennas, it is the second-tallest structure in France after 2004, Millau Viaduct.
3. The tower has three levels for visitors. Tickets can be purchased to ascend, by stairs or lift, to the first and second levels. The way to the first level is over 300 steps, as is the way from the first to the second level. The third and the highest level is accessible only by elevator. Both the first and second levels feature restaurants. The tower has become the most prominent symbol of both Paris and France, often in the establishing shot of films set in the city.



                                  
Task 2.
(KNOWLEDGE)
Indicator:3.4
Direction:
Describe the picture in written refers to the descriptive text at least 10 sentences based on its rules and etiquettes in writing  properly! Choose one of them.







Task 1.
(SKILL)
Indicator:4.4.1

Direction: Look at  the picture below and then retell it based on what you know and  look at infront of the class at least 10 sentences properly



One of the entrances in BUTON PALACE




Task 2.
(SKILL)
Indicator:4.4.2
Direction: Look at the picture below. Write 10 sentences based on what you know and look at  the picture properly!

1. 

INDO ISLAND IN WEST MUNA
PULAU INDO DI MUNA BARAT

 




Task 2.
(SKILL)
Indicator:4.4.2
Direction: Watch the video below seriously and then retell it what you have looked at it at least 10 sentences fluently!


Tidak ada komentar :

Posting Komentar