Minggu, 04 Maret 2018
Materi Pengajaran Descriptive Text dan Lembaran Kerja Siswa
DESCRIPTIVE TEXT
Descriptive text is is a text which says what a person or a thing is like. Its purpose is to describe and reveal a particular person, place, or thing."
(Teks yang menjelaskan gambaran seseorang atau benda. Tujuannya adalah mengambarkan atau mengungkapkan orang, tempat atau benda tertentu).
Remember to follow the out lines below!
Social Function
To describe a particular person, place or thing.
Generic ( Schematic )Structure
- Identification : Identifies phenomenon to be described.
- Description : Describes quality and characteristics.
Language Features
- Focus on specific participants
- Use of Simple Present Tense
Berikut penjelasan dalam bahasa Indonesia serta contohnya
I. Pengertian Descriptive Text
- Descriptive berarti deskripsi (gambaran).
Jika kamu diminta untuk mendeskripsikan sebuah benda, itu artinya
kamu harus menggambarkan benda yang dimaksud
baik dari ukuran, warna dan lain-lain.
- Descriptive text adalah: satu
kaedah upaya pengolahan data menjadi sesuatu yang dapat diutarakan secara
jelas dan tepat dengan tujuan agar dapat dimengerti oleh orang yang tidak
langsung mengalaminya sendiri.
- Descriptive text adalah sebuah
tulisan atau teks yang menggambarkan sifat-sifat yang
melekat pada sesuatu, baik itu manusia, hewan, tumbuhan, atau pun benda
mati seperti rumah, mobil computer, radio dan masih banyak lagi.
II.
Tujuan Descriptive Text
Tujuan
Descriptive Text adalah menggambarkan segala
sesuatu baik itu manusia, hewan, tumbuhan atau benda mati dengan sifat yang
melekat padanya seperti ukuran, jenis, warna, dan lain-lain, sehingga pembaca
dapat mengetahui tentang seperti apa sesuatu itu dari gambaran yang
kita sampaikan meskipun ia belum pernah melihatnya. Jadi seorang yang menerima
informasi dari deskripsi itu dapat menggunakan imajinasi nya untuk menggambarkan tentang
benda tersebut kedalam versi-nya masing-masing tetapi tetap dalam koridor
informasi yang telah diberikan.
III. Generic Structure Descriptive Text Descriptive
text mempunyai
aturan dan etika tersendiri dalam penulisannya, termasuk dalam struktur atau
susunan yang harus ditulis secara berurutan. Berikut adalah susunan di dalam
membuat sebuah Descriptive Text:
1.
Identification:
Paragraf
pertama – adalah untuk mengidentifikasi sesuatu yang ingin dideskripsikan
atau digambarkan.
Indentification berfungsi
untuk memperkenalkan kepada pembaca tentang objek atau
sesuatu yang akan kita gambarkan sebelum kita beritahu tentang
sifat-sifatnya.
Saya
akan menggambarkan mobil-mobilan/diecast baru yang saya beli
kemarin , maka isi identification-nya adalah:
Aku kemarin membeli mobil-mobilan baru. Mobil-mobilan ini
sebenarnya sudah lama aku idam-idamkan, tapi baru sekarang aku
memilikinya.
(Berarti yang akan digambarkan adalah mobilku, bukan mobil orang lain).
2. Description:
paragraf
kedua dan seterusnya – berisi tentang sifat-sifat yang melekat pada
sesuatu yang sudah kamu perkenalkan sebelumnya kepada pembaca di paragraf
pertama.
Misalnya
(melanjutkan tentang mobil di atas)
Mobil-mobilan baru ku ini berskala 1/24 dan
berwarna hitam. Mobil-mobilan ini merupakan mobil sport klasik keluaran
tahun 1970 dari Ford. Mobil-mobilan ini disebut Mustang Boss American Muscle.
Jumlah bangkunya hanya dua, satu untuk sopir dan satunya untuk penumpang,
begitu juga dengan pintunya.
(My new diecast is 1/24 in
scale and it is black. My new diecast is classic sports car type, it was built
in 1970 by Ford. It is called Mustang Boss an American Muscle. It has two of
seats in front, one for me and the last for my girl, that is also for the
doors. It only has double doors in front.)
(Berarti kalimat-kalimat di atas menggambarkan secara spesifik tentang sebuah objek)
Berikut ini adalah penggabungan antara Identification dan Description melalui
contoh di atas:
My Mustang BOSS 429
I bought
new diecast last day. I have been waiting so long for that diecast but finally,
I get it as hard as my hard work. I fall in love with the first sight with that
diecast. It always comes to dreams and I can not sleep well off course. My new
diecast is 1/24 in scale and it is black. My new diecast is classic sports car
type, it was built in 1970 by Ford. It is called Mustang Boss an American
Muscle. It has two of seats in front, one for me and the last for my girl, that
is also for the doors. It only has double doors in front.
Ciri-ciri
ini penting untuk kamu perhatikan agar ketika menulis descriptive text tidak
salah dan mengalami kesulitan. Jadi pastikan kamu menggunakan ciri-ciri berikut
ini ketika akan menulis descriptive text:
1. Menggunakan Simple Present Tense. Kenapa
menggunakan simple present tense? Hal ini karena kita akan menggambarkan sebuah
fakta atau kebenaran yang melekat pada sesuatu atau orang. Karena fungsi
dari Simple Present adalah untuk menggambarkan sebuah
fakta atau kebenaran (contoh fakta: matahari itu panas). Oleh karena
itu kamu harus selalu menggunakan kata kerja bentuk pertama (verb-1) dan (to
be)bantu kata kerja yaitu: is/ am/ are (bisa dilihat dalam
penjelasan no-3).
Misal
kamu akan menggambarkan sifat-sifat mobil baru kamu:
- It has double
seats and doors. (verb-1)
- The
color of my car is black. (to be)
2. Menggunakan kata sifat (adjective) Karena
fungsinya adalah untuk menggambarkan sesuatu dengan
menjelaskan sifat-sifatnya, maka dalam descriptive text akan
banyak dijumpai kata sifat (adjective), seperti: fast, handsome,
beautiful, tall, small, big dan masih banyak lagi atau jika kata
sifat tersebut berasal dari kata kerja, maka kamu akan mendapati tambahan -ve,
-ing, di belakangnya.
Contoh:
- Create (membuat/ verb-1) > creative (orang
yang pintar membuat sesuatu).
- Interest (menarik/verb-1) > interesting (sesuatu
yang menarik)
3.
Menggunakan bantu kata kerja (to be). Dalam descriptive
text kita juga akan sering menjumpai “to be” (bantu kata kerja) yaitu
is/ am/ are. Is/ am/ are dalam bahasa Indonesia sering diartikan dengan “adalah”.
Karena tujuan atau fungsi descriptive text adalah untuk menggambarkan,
maka pasti kita akan sering menemukan bantu kata kerja tersebut. It is black (warnanya
adalah hitam), scale is 1/24 (sekalanya adalah
1/24).
Contoh 3
Borobudur
Temple.
Borobudur is Hindu – Budhist temple. It was build in the ninth
century under Sailendra dynasty of ancient Mataram kingdom. Borobudur is
located in Magelang, Central Java, Indonesia.
Borobudur is well-known all over
the world. Its construction is influenced by the Gupta architecture of India.
The temple is constructed on a hill 46 m high and consists of eight step like
stone terrace. The first five terrace are square and surrounded by walls
adorned with Buddhist sculpture in bas-relief. The upper three are circular.
Each of them is with a circle of bell shape-stupa. The entire edifice is
crowned by a large stupa at the center at the center of the top circle. The way
to the summit extends through some 4.8 km of passage and stairways. The design
of Borobudur which symbolizes the structure of universe influences temples at
Angkor, Cambodia.
Penjelasan:
1. Paragraf pertama
Identification >>> menggambarkan sepintas
tentang Candi Borobudur yang akan dideskripsikan sehingga pembaca tidak
akan salah paham tentang candi yang sedang dibicarakan. Bahwa candi yang
dimaksud adalah candi yang bernama Borobudur, yang berlokasi di Magelang, Jawa
Tengah. Hal ini sangat penting karena Di Indonesia khususnya di Pulau
Jawa banyak sekali candi yang ada di sana.
2. Paragraf kedua
Description >>> berisi tentang
penjelasan atau deskripsi Candi Borobudur dengan memaparkan
sifat-sifatnya secara spesifik seperti:
– berada di bukit dengan ketinggian 46 meter dan
terdiri dari 8 tingkat seperti teras.
– 5 tingkat pertama berbentuk kotak (square) dan
dikelilingin tembok.
– 3 tingkat paling atas berbentuk bulat (circular).
Contoh 4
MacQuarie University
Identification
Macquarie University is one of the largest
universities in Australia. This year, in 2004, it celebrates its 40th
anniversary.
(Macquarie University adalah salah satu universitas
terbesar di Australia. Tahun ini, pada tahun 2004, merayakan ulang tahun ke-40
nya.)
Description
The university is located at the North Ryde
Greenbelt, Sydney, where the New South Wales government sets aside 135 hectares
for the institution. In 1964, Macquarie area was a rural retreat on the city
fringe, but today the campus and its surroundings have evolved beyond
recognition. The North Ryde District has grown into a district of intensive
occupation anchored by a vibrant and growing university.
(Universitas ini terletak di North Ryde Greenbelt,
Sydney, di mana pemerintah New South Wales menyisihkan 135 hektar bagi lembaga
univeristas tersebut. Pada tahun 1964, daerah Macquarie merupakan retret
pedesaan di pinggiran kota, tapi hari ini kampus dan sekitarnya telah
berkembang di luar harapan. Distrik North Ryde telah tumbuh menjadi sebuah
distrik kependudukan yang intensif yang tumbuh dari perkembangan dan dinamisme
universitas.)
Blessed with a fortunate location and room to
breathe, Macquarie can be proud of that careful planning that retains and
enrich the university’s most attractive natural features. A pleasing balance
between buildings and plating is evident across the campus. This emphasis on
the importance of landscape has created images of Macquarie as a place that
members of the university are most likely to pleasurably recollect.
(Diberkahi dengan lokasi yang menguntungkan dan
adanya ruang terbuka untuk bernapas, Macquarie bisa bangga dengan perencanaan
yang matang tersebut yang dipertahankan dan memperkaya ciri khas alami yang
paling menarik dari universitas tersebut. Keseimbangan yang menyenangkan antara
bangunan dan hiasan jelas di kampus. Penekanan pada pentingnya lanskap telah
menciptakan gambar Macquarie sebagai tempat bahwa anggota universitas akan
sangat mungkin mendapatkan kesenangan)
One of the highlights of the landscape is the Mars
Creek zone. It comprises landscaped creek sides and valley floor, a grass amphitheatre,
and artificial lake surrounded by rocks and pebbles, native plants and
eucalypts.
(Salah satu yang menarik dari lanskap adalah Mars
Creek zona. Ini terdiri dari sisi taman sungai dan dasar lembah, sebuah
amphitheater rumput, dan danau buatan yang dikelilingi oleh batu dan kerikil,
tanaman asli dan pohon eukaliptus.)
Today, a railway station is under construction. In
three years1 time, Macquarie will be the only university in Australia with a
railway station on site. Macquarie is poised to be the most readily accessible
in Sydney region by rail and motorway, yet retaining its beautiful site.
(Hari ini, sebuah stasiun kereta api sedang
dibangun. Dalam waktu tiga tahun, Macquarie akan menjadi satu-satunya
universitas di Australia dengan stasiun kereta api di sekitar lokasinya.
Macquarie siap untuk menjadi univeristas yang paling mudah diakses di wilayah
Sydney oleh kereta api dan jalan tol, namun tetap mempertahankan lokasi yang
indah.)
II.
Students’ work sheets
Task 1.
(KNOWLEDGE)
Indicator:3.4.
§ Classifying the part of identification and description.
§ Describing the language features of the text
§ Classifying the part of identification and description.
§ Describing the language features of the text
Exercises
Direction:
1. Read the text below seriously and then rewrite the part of identification and description
properly! The number written can help you to identify them.
2. Rewrite simple present tense forms at least 10 sentences. Five sentences are in verbal forms
while five sentences are in nominal form if you get them in the text.
3. Give description about its characteristics as much as possible you know based on the text
properly!
The Eiffel Tower
1. The Eiffel Tower is an iron lattice tower located on the Champ de Mars in Paris.
Built in 1889, it has become both a global icon of France and one of the most
recognizable structures in the world. The tower is the tallest building in
Paris and the most-visited paid monument in the world; millions of people ascend
it every year. Named after its designer, engineer Gustave Eiffel, the tower was
built as the entrance arch to the 1889 World’s Fair.
2. The tower stands 324 meters (1,063 ft) tall, about the same height as an
81-story building. Upon its completion, it surpassed the Washington Monument to
assume the title of tallest man-made structure in the world, a title it held
for 41 years, until the Chrysler Building in New York City was built in 1930;
however, due to the addition in 1957 of the antenna, the tower is taller than
the Chrysler Building. Not including broadcast antennas, it is the
second-tallest structure in France after 2004, Millau Viaduct.
3. The tower has three levels for visitors. Tickets can be purchased to
ascend, by stairs or lift, to the first and second levels. The way to the first
level is over 300 steps, as is the way from the first to the second level. The
third and the highest level is accessible only by elevator. Both the first and
second levels feature restaurants. The tower has become the most prominent
symbol of both Paris and France, often in the establishing shot of films set in
the city.
Task 2.
(KNOWLEDGE)
Indicator:3.4
Direction:
Describe the picture in written
refers to the descriptive text at least 10 sentences based on its rules and
etiquettes in writing properly! Choose
one of them.
|
Task 1.
(SKILL)
Indicator:4.4.1
Direction: Look at the picture below and then retell it based on what you know and look at infront of the class at least 10 sentences properly
One of the entrances in
BUTON PALACE
|
Task 2.
(SKILL)
Indicator:4.4.2
Direction: Look at the picture below. Write 10 sentences based on
what you know and look at the picture
properly!
INDO
ISLAND IN WEST MUNA
PULAU
INDO DI MUNA BARAT
|
Task 2.
(SKILL)
Indicator:4.4.2
Direction: Watch the video below seriously and then retell it what
you have looked at it at least 10 sentences fluently!
Langganan:
Posting Komentar
(
Atom
)
Tidak ada komentar :
Posting Komentar