Senin, 11 September 2017
Kisi-Kisi UN Bahasa Inggris 2017-2018
KISI-KISI
UJIAN NASIONAL SMA
MATA
PELAJARAN BAHASA INGGRIS
TAHUN
PELAJARAN 2017/2018
4.
Bahasa
Inggris
- IPA/IPS/Bahasa/Keagamaan
Level Kognitif
|
Lingkup Materi
|
||
Fungsi Sosial
|
Struktur Teks
|
Unsur Kebahasaan
|
|
Pengetahuan dan
Pemahaman
· Mengidentifikasi
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi aspek-aspek
fungsi sosial:
- topik/isu/masalah
- tujuan/fungsi/pesan
- latar belakang/alasan
- akibat/dampak/manfaat
- sikap/nilai yang diusung
- peran
dan fungsi pembicara/penulis
- peran
dan fungsi pendengar/pembaca
- konteks
penggunaan
|
Peserta didik
dapat mengidentifikasi makna antar bagian-bagian dalam
teks:
- pandangan,
maksud, pendapat yang
menjadi ide utama
- rincian argumentasi, langkah-
langkah, peristiwa, deskripsi
- plot, alur
pikiran
|
Peserta didik
dapat mengidentifikasi unsur kebahasaan yang terkait dengan isi
teks lisan dan tertulis berikut ini:
- persamaan
kata
- word order
- artikel,
demonstrative,
possessive pronoun
- agreement
dan
number
- tense
- passive voice
- referensi gramatika
- kata sambung
- preposisi
- referensi makna
|
Aplikasi
· Membandingkan
· Mengklasifikasi
· Menjelaskan
|
Peserta didik dapat membandingkan
mengklasifikasi, menjelaskan
aspek- aspek fungsi sosial:
- topik/isu/masalah
- tujuan/fungsi/pesan
- latar belakang/alasan
- akibat/dampak/manfaat
- sikap/nilai yang diusung
- peran
dan fungsi pembicara/penulis
- peran
dan fungsi pendengar/pembaca
- konteks
penggunaan (a.l. tempat,
waktu,
situasi, dsb)
|
Peserta didik
dapat membandingkan.
mengklasifikasi, menjelaskan
keterkaitan
makna antar bagian-bagian dalam
teks:
- pandangan,
maksud, pendapat yang
menjadi ide utama
- rincian argumentasi, langkah-
langkah, peristiwa, deskripsi
- plot, alur
pikiran
|
Peserta didik
dapat membandingkan,
mengklasifikasi,
menjelaskan unsur kebahasaan yang terkait dengan
isi teks berikut ini:
- persamaan kata
- word order
- artikel,
demonstrative,
possessive pronoun
- agreement
dan
number
- tense
- passive voice
- referensi gramatika
- kata sambung
- preposisi
|
Level Kognitif
|
Lingkup Materi
|
||
Fungsi Sosial
|
Struktur Teks
|
Unsur Kebahasaan
|
|
- modal
- kalimat
conditional
- konstruksi
derivative
- referensi makna
|
|||
Penalaran
· Menyimpulkan
· Merinci
perbedaan/
persamaan
· Menganalisis
|
Peserta didik dapat menyimpulkan,
merinci perbedaan/persamaan,
menganalisis aspek-aspek
fungsi sosial:
- topik/isu/masalah
- tujuan/fungsi/pesan
- latar belakang/alasan
- akibat/dampak/manfaat
- sikap/nilai yang diusung
- peran
dan fungsi pembicara/penulis
- peran
dan fungsi pendengar/pembaca
- konteks
penggunaan
|
Peserta didik
dapat menyimpulkan,
merinci perbedaan/persamaan
menganalisis keterkaitan makna
antar bagian-bagian
dalam
teks:
- pandangan,
maksud, pendapat yang
menjadi ide utama
- rincian argumentasi, langkah-
langkah, peristiwa, deskripsi
- plot, alur
pikiran
|
Peserta didik
dapat menyimpulkan,
merinci perbedaan, persamaan,
menganalisis unsur kebahasaan yang terkait dengan
isi teks berikut ini:
- persamaan kata
- word order
- artikel,
demonstrative,
possessive
pronoun
- agreement
dan
number
- tense
- passive voice
- referensi gramatika
- kata sambung
- preposisi
- modal
- kalimat
conditional
- konstruksi
derivative
- kalimat,
frasa, ungkapan simpulan
- referensi makna
|
Keterangan : Jenis teks lisan dan tertulis untuk
cakupan materi
fungsi sosial
dan struktur sosial :
1) Interaksi transaksional/interpersonal
tertulis (a.l. pendapat,
pengandaian, memuji,
mengkritik, jati diri)
2) Fungsional
pendek (a.l. announcement, undangan, pemberitahuan)
3) Descriptive, recount, narrative, procedure, report, exposition,
biography, news item
No related posts
Langganan:
Posting Komentar
(
Atom
)
Tidak ada komentar :
Posting Komentar